Jumat, 08 April 2016

INTJ VS ENFP



INTJ VS ENFP

Saat doa mulai diucapkan
Saat hati ini berbicara pada-Mu
Pada-Mu Tuhan aku berseru
Saat itu….
Dan kau hadir….
Kau hadir dengan cara-Nya
Cara-Nya mengirimmu didalam hidupku
Saat kau katakan
Rasa cintamu, sayangmu dan janjimu
Saat komitmen mulai diucapkan
Hari itu juga adalah hari Tuhan berjanji kepada umat-Nya
Dia naik ke Surga
Hari dimana Tuhan mulai mempersatukan kita
Saat dimulainya cerita cinta kita
Satu hal yang ku tahu
Rasa ini semua bukan secara tiba-tiba melainkan
Rasa ini adalah rasa yang diberikan-Nya dihati kita

Sebuah puisi yang dibuat mengiringi sebuah kisah aku dan dia. Kita mulai memutuskan untuk menjalin hubungan tepat pada tanggal 29 Mei 2014. Kami berdua memiliki tipe kepribadian yang berbeda. Dia memiliki tipe INTJ (Introversion, Intuition, Thinking, Judging) sedangkan aku ENFP (ekstrovert, intuition, feeling, perceiving). INTJ adalah singkatan yang digunakan untuk menyebut salah satu dari 16 Jenis Kepribadian yang dikategorikan dalam Intrumen Tes Kepribadian MBTI (Myers-Birggs Type Indicator). Nama lain dari INTJ adalah mastermind/ the scientist. Dalam Keirsey Temperament Sorter yang dikembangkan David Keirsey, ia mengkategorikan INTJ kedalam Temperamen Rational. Mereka yang rasional merupakan jenis pribadi yang abstrak dan objektif. Mencari penguasaan dan pengendalian diri, mereka peduli dengan pengetahuan dan kompetensi mereka sendiri. Kekuatan terbesar mereka adalah strategi. Mereka unggul dalam setiap jenis penyelidikan logis seperti teknik, konseptualisasi, berteori, dan koordinasi. Nama lain ENFP sendiri merupakan champion/ the inspirer. Dalam Keirsey Temperament Sorter yang dikembangkan David Keirsey, ia mengkategorikan ENFP kedalam Temperamen Idealist. Idealists merupakan jenis pribadi abstrak dan penyayang. ENFP adalah inisiator perubahan, memiliki perseptif yang tajam tentang kemungkinan. Mereka memberi energi, dan merangsang orang lain melalui antusiasme mereka yang menular. Mereka lebih suka fase awal dari sebuah pekerjaan atau hubungan, dan tak kenal lelah dalam mengejar ketertarikan yang baru mereka temukan.

Perbedaan tipe kepribadian ini justru membuat kami berdua saling melengkapi satu sama lain. Walau kami sering bertengkar hal-hal kecil dikarenakan ketidak sesuaian pendapat. Puji Tuhannya, kami tahu kekurangan dari kami masing-masing, dalam hubungan ini kami saling belajar satu sama lain. Mungkin next saya akan menceritakan kisah unik hubungan kami berdua. Harapan kita adalah hubungan kami berdua ini bisa memberkati orang lain.
Hasil penelitian juga menunjukkan mitra alami menurut teori MBTI untuk INTJ adalah ENFP, atau ENTP. Para INTJ yang dominan dengan fungsi Introverted Intuition (IN) paling cocok dengan tipe kepribadian yang di dominasi fungsi Extraverted Intuition (EN). Teman blogger jangan membatasi diri ya untuk berpartner atau mencari pasangan hanya terbatas pada tipe-tipe kepribadian tersebut, dan tidak menjamin bahwa seorang yang merupakan partner alami menurut teori MBTI ini selalu akan menjadi partner yang terbaik. Hanya satu hal yang pasti tanyakan semua itu pada Tuhan. Jangan terburu-buru dalam memutuskan, pastikan dan bawa dalam doa. Pesan dari kakak Pembina rohaniku di komsel (kelompok sel) Doakan dia sebelum engkau jatuh cinta lebih dalam ke seseorang tersebut. Untuk menghindari pemaksaan kepada Tuhan. Maksudnya kamu tidak peka lagi akan suara Tuhan, jika Tuhan berkata ‘Tidak” kamu tetap menuntut Tuhan untuk menjawab “ya” karena kamu tidak ingin melepaskan dia dan ingin memilikinya.
            Sebuah penutup dari saya di blog ini adalah sebuah firman-Nya :
”And above all, have fervent love for one another: for love shall cover the multitude of sins.” – Peter 4:8.


3 komentar:

  1. Aku enfp juga kak. Lg deket sm INTJ. Ditunggu next story ttg hubungan kakak dan suaminya

    BalasHapus
  2. Aku enfp juga kak. Lg deket sm INTJ. Ditunggu next story ttg hubungan kakak dan suaminya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Maaf telat balasnya. Kebetulan tepat tanggal 10 Agustus 2019, kita berdua memutuskan membangun bahtera rumah tangga. Rencana nanti mau ceritain dalam blog, cuman belum sempat nulis.

      Hapus